Penting mengetahui cara meningkatkan revenue hotel ketika revenue stagnan. Apalagi jika revenue belakangan ini justru semakin menurun. Oleh sebab itu, tindakan yang tepat perlu segera dilakukan untuk menjaga kelangsungan bisnis.
Meningkatkan pendapatan hotel dalam waktu singkat membutuhkan strategi yang terencana dan eksekusi yang tepat. Tujuannya adalah agar:
- Strategi lebih terukur
- Revenue bisa cepat naik
- Tidak butuh banyak biaya
- Pengerjaan mudah
Tips dan Cara Meningkatkan Revenue Hotel
Revenue atau pendapatan hotel akan mempengaruhi kelangsungan hotel. Jika revenue stagnan, atau bahkan terus menurun maka hal tersebut menjadi indikator adanya masalah pada hotel. Membiarkan masalah ini dapat berakibat buruk pada bisnis. Oleh sebab itu, perlu dilakukan tindakan seperti:
1. Analisis Pasar dan Persaingan
Langkah pertama adalah menganalisis kondisi bisnis perhotelan dan persaingan dalam bisnis ini. Beberapa hal yang perlu dianalisis antara lain tingkat persaingan harga, segmen pelanggan yang potensial, dan hal-hal lain yang perlu dicari tahu.
Lakukan juga pemantauan kinerja selama beberapa bulan terakhir. Analisis data reservasi, tingkat hunian, dan umpan balik tamu untuk mengidentifikasi masalah dan solusi apa yang tepat. Setelah menemukan solusi, pastikan untuk mengimplementasikan solusi serta melakukan pemantauan untuk melihat seberapa jauh kesuksesan dari solusi yang diambil.
2. Penyesuaian Strategi Harga
Berdasarkan analisis pasar, sesuaikan tarif kamar dengan baik. Pertimbangkan diskon untuk pemesanan jangka panjang, promo khusus, atau penawaran paket untuk menarik perhatian pelanggan potensial. Hindari memberikan diskon harga yang hanya akan menyebabkan perang harga karena hal tersebut hanya akan menyebabkan okupansi hotel meningkat tanpa adanya kenaikan revenue.
3. Pemasaran Digital
Perkuat kehadiran digital hotel Anda. Optimalkan situs web hotel, fokus pada mesin pencari, dan pastikan mudah diakses melalui perangkat seluler. Gunakan media sosial dan kampanye iklan online untuk membuat lebih banyak orang tahu akan keberadaan hotel.
4. Program Loyalti dan Diskon
Implementasikan program loyalitas untuk memberikan insentif kepada tamu yang melakukan pemesanan hotel kembali. Diskon khusus untuk anggota loyal atau penawaran khusus untuk pemesanan langsung dapat meningkatkan retensi tamu. Hal ini tentunya akan meningkatkan okupansi hotel yang akan menjadikan peningkatan revenue pada bisnis.
5. Peningkatan Layanan dan Fasilitas
Perbaiki kualitas layanan dan fasilitas. Tanggapi umpan balik tamu dan pastikan hotel memberikan pengalaman yang luar biasa. Evaluasi dan tingkatkan aspek-aspek yang mungkin meningkatkan kepuasan tamu. Beberapa peningkatan layanan dan fasilitas yang diperlukan antara lain:
- Kebersihan kamar
- Kemudahan check-in dan check-out
- Fasilitas di dalam kamar
- Ketersediaan WIFI
- Keramahan pegawai hotel
Dengan peningkatan layanan dan fasilitas tersebut akan menjadikan tingkat retensi meningkat. Selain itu, akan lebih banyak orang yang mereferensikan hotel anda sehingga okupansi dan revenue hotel akan meningkat.
6. Kolaborasi dengan Agen Perjalanan dan Platform Booking Online
Bangun kemitraan dengan agen perjalanan dan platform booking online untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas hotel. Tawarkan promo eksklusif untuk pemesanan melalui mitra ini. Cara ini akan membantu meningkatkan tingkat keterisian hotel sekaligus nantinya akan meningkatkan revenue hotel.
Tentunya untuk melakukan ini harus didukung dengan penguatan di sisi fasilitas dan layanan hotel. Dengan demikian, kolaborasi tidak akan menghasilkan banyak review-review kurang puas. Pastikan juga memeriksa semua review yang ada di platform booking online sehingga citra bisnis tetap optimal.
7. Gunakan Manfaat-Manfaat dari TV Hotel
TV hotel bukanlah tv biasa karena dirancang khusus untuk meningkatkan revenue hotel. Peningkatan ini terjadi karena dengan adanya TV hotel maka tingkat retensi dapat meningkat, dan tingkat pemesanan fasilitas hotel (makanan, layanan gym, dan fasilitas lainnya) akan meningkat secara signifikan.
Semua itu bisa terjadi karena fitur-fitur pada TV hotel yaitu:
Mempersonalisasi Program di TV Hotel
Tamu hotel dapat mempersonalisasi program di TV hotel sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya menyambungkan TV hotel dengan akun Netflix dan Prime. Atau membuat tampilan TV hotel sama dengan tampilan di smartphone (mirroring) sehingga membuka smartphone jadi lebih nyaman dan menyenangkan.
Fitur-fitur personalisasi program di TV hotel ini tentunya akan meningkatkan kenyamanan dan keseruan selama menonton TV di kamar hotel. Pada akhirnya akan membuat tamu hotel akan merekomendasikan hotel kepada teman-temannya, ataupun akan menjadikan hotel anda sebagai pilihan utama ketika butuh kembali menginap.
Memudahkan Pengelola Hotel Memberikan Penawaran
Hotel dapat dengan mudah memberikan penawaran melalui TV hotel. Misalnya dengan memberikan informasi makanan-makanan yang tersedia dan dapat dipesan, informasi fasilitas apa saja yang ada di hotel, serta penawaran promo-promo dari hotel.
Dengan kemudahan memberikan penawaran dari hotel ke tamu hotel, maka upselling dapat dilakukan hotel dengan lebih mudah. Hal ini tentunya akan meningkatkan revenue hotel karena tamu akan lebih senang untuk mencoba berbagai penawaran dari hotel.
Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai TV hotel. Team Indovisual siap memberikan konsultasi, penawaran, maupun janji temu untuk demo produk. Silahkan klik:
Itulah beberapa informasi mengenai cara meningkatkan revenue hotel dengan cepat dan bisa dirasakan hasilnya dalam tiga bulan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.